Packing Pempek Adaan,siomay,batagor

Salah satu permasalahan dalam memasarkan sebuah produk adalah kemasan. Para pelaku usaha, umumnya pengusahan kecil kita masih berpikir tradisional yang hanya mengandalkan pada produk yang dijual dengan pembungkusnya biasa saja (plastik biasa). Biasanya mereka kurang menyadari atau kurang memahami bahwa kemasan yang baik dan menarik  dapat mendatangkan nilai lebih dari produk yang dijual. Manfaat secara umum atau manfaat utama dari suatu kemasan adalah melindungi produk dari kerusakan atau pengaruh luar. Namun disisi lain bahwa kemasan juga harus mampu menjual produk yang dilindunginya, dengan kata lain bahwa ketika orang melihat kemasan memiliki ketertarikan untuk membeli. Jika demikian maka kemasan harus memiliki daya tarik. Beberapa aturan yang perlu diperhatikan oleh para produsen untuk membuat kemasan. Pembuatan kemasan tidak dapat seenaknya, sebab kemasan juga punya etika yang berarti ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam pembuatan kemasan misalnya menentukan gambar/logo dan bentuk kemasan yang tidak menimbulkan kontradiksi. Selain hal tersebut kemasan juga harus mudah dibuka. Kemasan yang baik adalah kemasan dengan desain yang simple (sederhana), fungsional dan menciptakan respons emosional positif yang secara tidak langsung “berkata”, “Belilah saya.” Kemasan harus dapat menarik perhatian secara visual, emosional dan rasional. Sebuah desain kemasan yang bagus memberikan sebuah nilai tambah terhadap produk yang dikemasnya. Secara umum fungsi kemasan adalah : 1.    Melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk. 2.    Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan. 3.    Meningkatkan efisiensi, seperti: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman dan penyimpanan.
Kemasan yang kreatif bukan hal yang baru lagi. Produk makanan bahkan kerajinan pun dibungkus dengan kemasan menarik, yang eye catching. Tak dapat disangkal, konsumen umumnya akan tertarik dengan produk-produk yang dibungkus dengan cantik. Perilaku umum konsumen, hal pertama yang membuat mereka tertarik membeli suatu barang adalah kemasan barang tersebut. Namun mengubah mindset pelaku usaha kecil akan pentingnya kemasan, tidaklah mudah. Meskipun bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa menggandakan keuntungan mereka. Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu. Sudah saatnya para pelaku usaha kecil  berlomba-lomba untuk menarik konsumen melalui kemasan. Karena  kemasan memiliki andil dalam kesuksesan pemasaran suatu produk. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Empek Empek Fitri 354 © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes